Rekonsiliasi Menuju Palestina Merdeka

REKONSILIASI MENUJU PALESTINA MERDEKA
Oleh : Abu Ghozzah


Dari Sumber Ikhwan.net, 30/4/2011 | 27 Jumada al-Ula 1432 H, PM Palestina, Ismail Haniyah menegaskan kesiapan pemerintahannya memberikan konpensasi dari kesepakatan rekonsiliasi yang sudah diteken antara Fatah dan Hamas. Ia mengisyaratkan bahwa pemerintahannya akan berusaha mengatasi segala hambatan, memotifasi dan membuka pintu seluas-luasnya bagi rekonsiliasi ini.
Pernyataan Haniyah ini disampaikan usai pertemuan malam lalu dengan delegasi Hamas yang ikut dalam diaog Kairo dan mendengarkan penjelasan secara gamblang kesepakatan yang sudah diteken dengan Fatah dengan sponsor Mesir.
Haniyah menegaskan bahwa kesepakatan itu bersisi kesepahaman dalam sejumlah masalah yang selama ini menggantung antara kedua pihak. Kesepahaman itu akhirnya mengantarkan kepada penandatanganan kesepakatan dan bangsa Palestina di dalam dan luar negeri patut berbahagia atas kesepakatan ini, ungkap Haniyah.
Haniyah memberikan apresiasi besar kepada usaha Mesir yang mampu mempertemukan kedua pihak dalam rekonsiliasi dan mampu memberikan ruang bagi upaya Palestina dan Arab.
Ia menilai bahwa kesepakatan rekonsiliasi ini strategis bagi pemerintah Palestina di Gaza dan Hamas menuju persatuan Palestina yang bisa mengembalikan Al-Quds dan hak-hak Palestina serta prinsip dasarnya.
Haniyah sadar bahwa musuh-musuh Palestina pasti akan memasang hambatan sehingga kelompok-kelompok yang sudah sepakat harus mampu mengatasinya dan memperjuangkan rekonsiliasi.
Ia berharap agar semua faksi-faksi Palestina lainnya akan menandatangani kesepakatan ini sehingga terwujud “konsesus nasional” dan jaringan keamanan utuh. Ia meminta kepada bangsa Palestina untuk mendukung kesepakatan ini. (bsyr)

Sumber : http://www.al-ikhwan.net/rekonsiliasi-menuju-palestina-merdeka-4352/

-----

Komentar

Postingan Populer