BISNIS ONLINE



BISNIS ONLINE

Bisnis online menjadi pusat perhatian akhir-akhir ini. Bagaimana tidak, bisnis online menawarkan banyak kemudahan. Banyak alasan bahwa Bisnis Online sebenarnya enak.

Di mana ada koneksi internet, di situlah tempat kerja anda. Bisnis online tidak terbatas juga oleh waktu. Artinya anda bebas menentukan kapan anda akan memulai, bekerja, dan tidak terikat dengan jam masuk dan keluar kerja.
Banyak bukti bahwa penghasilan dari bisnis online memang menggiurkan. Simak saja daytradinguniversity.com yang dimiliki oleh Ken Calhoun, penghasilan pertahunnya adalah $300.000. Belum lagi Yahoo.com, Facebook.com, atau Google, bisa anda bayangkan sendiri berapa potensi pendapatannya.

Beragam tipe bisnis online dapat anda ikuti. Namun secara garis besar Bisnis online terbagi menjadi dua macam. E-Business Model dan Affiliate Program.
1.    E-Business Model.
Bisnis online macam ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu Content Sponsorship, Direct Selling, Infomediary, dan Intermediaries
•    Content Sponsorship artinya pendapatan keuntungan dari iklan sponsor yang ditempatkan di space website yang disediakan.
•    Direct Selling artinya website yang menawarkan produk secara langsung.
•    Infomediary artinya website yang menyediakan data konsumen yang dibutuhkan oleh perusahaan.
•    Sedangkan bisnis online berupa Intermediaries artinya website yang mempertemukan antara pemilik produk, penjual, pemasar dan pembeli. Contohnya seperti Alibaba.com.
2.    Bisnis online macam kedua adalah Affiliate Program atau program affiliasi.
Program ini banyak diminati karena meskipun kita tidak mempunyai produk atau jasa, kita bisa meraup keuntungan melalui sistem ini. Ada beberapa macam program affiliasi yang bisa anda ikuti, diantaranya.
•    PPC
PPC adalah singkatan dari Paid per Click. Dimana artinya bahwa anda akan dibayar bila ada pengunjung yang melakukan klik (klik iklan) di website atau blog milik anda. Iklan bisa berupa teks atau images (banner).
Bisnis online macam ini banyak diminati. Karena meskipun tidak ada penjualan, asal ada link iklan yang diklik anda tetap mendapatkan keuntungan Adsense, Chitika, dan sebagainya.
•    PPS
PPS adalah singkatan dari Paid Per Sale. Bisnis online jenis ini akan memberi anda keuntungan bila ada yang mengklik iklan di website atau blog anda kemudian melakukan pembelian di website milik sang penjual. Contoh bisnis online PPS adalah Amazon.com.
•    PPL
PPL adalah singkatan dari Paid Per Lead. Artinya anda akan dibayar bila ada pengunjung yang anda rekomendasikan untuk mengisi formulir atau pendaftaran online ke situs tertentu.
•    PPR
PPR adalah singkatan dari Paid Per Review. Bisnis online macam ini sangat unik, anda akan dibayar bila anda menulis review produk atau website orang lain. Contohnya adalah reviewmu.com, bidvertizer.com, dan sebagainya.
Tipe-tipe bisnis online tersebut sebaiknya anda pilih dan ikuti secara bijak. Jangan dulu mengikuti semua tipe tersebut, bila anda belum siap.
Bila anda adalah seorang pemula, pelajar, atau karyawan, sebaiknya anda mulai dulu dengan membuat blog/website dan isi dengan artikel yang unique content alias bukan copy paste.
Seiring dengan makin berkualitasnya blog atau website anda, bisnis online dapat anda ikuti dimulai dengan program affiliasi. Baik itu PPC, PPL, PPR, atau PPS.
Namun memulai bisnis online dengan cara program affiliasi bukan seperti membuat tugas kuliah yang bisa dikerjakan secara SKS, atau sistem kebut semalam. Bisnis online perlu waktu, kesabaran, dan kejelian melihat pasar.
Mulailah dengan menulis blog yang anda minati dan fokuskan pada satu tema. Setelah Alexa rank dan Page rank anda tinggi, monetize blog akan terasa mudah dan uang mengalir ke saku anda dengan lancar.
Atau bila anda adalah seorang wirausahawan yang telah mempunyai produk jualan atau jasa. Cobalah untuk memasarkan produk anda secara online.
Baik melalui blog yang gratisan atau membeli domain. Domain sekarang murah. Hanya sekitar Rp.100.000,-. Dengan membeli domain, anda ibarat memiliki lapak atau toko secara online.
Bisnis online sangat digemari karena kemudahan aksesnya. Artinya konsumen dalam dan luar negeri akan bisa dengan mudah melihat dan melirik produk atau jasa anda.
Selamat berbisnis online.

Selengkapnya tentang Bisnis Online, Anda bisa buka website :

Sumber : http://bisnisonlineenak.com/mengenal-bisnis-online/


---------

Komentar

Postingan Populer