Asmaul Husna : Allah


A L L A H




Allah adalah asma yang paling agung dari ke-99 asma-Nya yang lain. Dalam asma inilah seluruh asma-Nya berkumpul dan menyatu.

Pada hakekatnya, asma inilah yang mendahului semua asma lainnya, dan hanya pada asma inilah seluruh asma lainnya bisa bersandar. Kata 'Allah' bisa berdiri sendiri dan tidak membutuhkan kata lainnya. Namun, asma-asma lainnya seperti 'Al-Rahman', sebenarnya terdiri dari dua kata, 'Allah Al-Rahman', namun dengan kata 'Allah'   yang tidak nampak.

Jika kata 'ilah' lebih bersifat umum dan mencakup Allah serta ilah-ilah lainnya, kata 'Allah' menunjuk pada satu Dzat yang memiliki dan menyatukan seluruh Asma Al-Husna dan seluruh sifat ketuhanan dalam diri-Nya. Dalam asma inilah terkandung seluruh makna asama lainnya, yang lahir maupun yang batin, yang diketahui makhluk maupun yang tidak diketahui mereka.

 Seluruh Abdullah (hamba Allah) adalah seorang hamba yang sudah mencapai tingkatan tertinggi yang memungkinkan untuk dicapai makhluk, karena Allah sudah menyingkapkan dan meletakkan seluruh rahasia asma-Nya dalam diri sang hamba. Seluruh aspek lahir dan batin pada diri hamba telah sepenuhnya selaras dengan apa yang Allah kehendaki atas dirinya.

Pada hakikatnya, hamba yang Abdullah adalah hamba yang telah lenyap tenggelam ke dalam segala keagungan sifat Allah, seperti lenyapnya cahaya lilin jika diletakkan di bawah sinar matahari. Ia bahkan telah bebas dari keberadaan maupun kehendak sebagai dirinya sendiri. Seluruh aspek dirinya sepenuhnya dipersembahkan hanya bagi Allah, dan ia telah meletakkan dirinya hanya berada di bawah pengaturan dan penataan Allah semata.

Abdullah adalah derajat para Nabi, para wali, dan mereka yang memiliki kedudukan spiritual tertinggi pada setiap zaman.

"Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu disertai dengan kesaksian bahwa sesungguhnya Engkau adalah Allah, yang tiada tuhan selain Engkau, yang Esa dan tempat semua makhluk bergantung, yang tidak memiliki anak dan diperanakkan, dan tiada sesuatu pun yang menyamainya".

Sumber : AL-MUJIB Al-Qur'an dan Terjemahannya, Edisi Asmaul Husna dan Do'a.


----------------

Komentar

Postingan Populer