Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an (PPTQ) Assalaam Boarding School Pekalongan

ASSALAAM BOARDING SCHOOL PEKALONGAN



Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Assalaam Boarding School Pekalongan segera akan hadir. Sekolah plus Tahfidzul Qur'an ini akan beroperasi pada tahun pelajaran 2012/2013. Sekolah ini ciri khasnya yaitu Kurikulum yang terintegrasi, Al-Qur'an sebagai bacaan/hafalan harian, dan kepengasuhan 24 jam (Boarding). Visinya "Mencetak generasi Qur'ani pengemban risalah Islam, berakhlak mulia, berpengetahuan, mandiri, terampil dalam hidup, dan siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya".

SMPIT ini dibawah tanggungjawab Yayasan Pendidikan dan Pengembangan Sumberdaya Insani (YP2SI) Al-Ummah Pekalongan. YP2SI Al-Ummah adalah sebuah yayasan yang didirikan pada 1 Nopember 1985 oleh Trio Aktifis Dakwah: H. Salafudin, M.Si, Drs. Solikhin DR, Apt., H. Abdul Adzim Al Hafidz.


Menurut Ketua YP2SI Al-Ummah, HM. Solehudin, MA, bahwa keberadaan SMPIT ini sudah sangat diharap-harapkan. Hal ini dilatarbelakangi oleh pudarnya intelektualisme Islam, ketika pada dunia pendidikan Islam terjadi dikotomi keilmuan; terbelahnya ilmu agama dengan ilmu dunia.

Disisi lain, globalisasi dunia yang tengah berlangsung, membuat seluruh negara membuka diri seluas-luasnya. Dengan canggihnya sistem informasi dan teknologi, interaksi antar bangsa di dunia semakin intensif dan nyata. Baik interaksi fisik, budaya maupun konsep-konsep pemikiran. Hal ini berakibat semakin mudahnya budaya asing dengan segala pengaruhnya masuk ke negeri ini.

Di satu sisi pengaruh positif sangat kita harapkan, namun pada sisi lain ada pengaruh negatif yang ikut mempengaruhi arus budaya tersebut. Dan celakanya, pengaruh negatif tersebut sering lebih menarik untuk ditiru dan diserap oleh masyarakat kita. Tentu hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan akidah dan akhlak, terutama anak-anak dan remaja generasi harapan kita.


Oleh karenanya, Ustadz Sholeh -demikian ia biasa disapa- menegaskan, "Sekolah ini adalah salah satu model dan solusi alternatif pendidikan Islam yang komprehensif, untuk menjawab tantangan dunia pendidikan Islam tersebut".

Sistem yang diterapkan adalah Boarding School karena lebih efektif untuk mendukung semua program yang dirancang secara terpadu untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang telah ditetapkan, terutama dalam program unggulan Tahfidzul Qur'an.










Komentar

Postingan Populer