Tips Berhenti Merokok

TIPS BERHENTI MEROKOK


Sensasi mulut “gatal” karena jauh dari nikotin merupakan hal yang lazim dirasakan bagi mereka yang ingin berhenti merokok. Tak heran, banyak orang yang lantas langsung mencari pelarian agar mulut kemudian tak terasa asam. Cemilanlah yang dijadikan sahabat si lidah. Oleh karena itu, tidak perlu dipertanyakan jika nantinya baju kesayangan tak lagi muat. Kini, tak perlu gentar untuk berhenti merokok. Tip ini akan bantu kita untuk bisa berhenti merokok, plus tetap memiliki tubuh yang ramping.

1. Katakan pada dunia bahwa kita telah berhenti merokok
 
Jangan ragu untuk mengatakan pada semua orang bahwa kita telah berhenti merokok. Kita membutuhkan dukungan untuk melaksanakannya. Dengan demikian, jika keinginan untunk menghisap rokok timbul, maka orang di sekitar bisa mencegah dan mengingatkan akan tujuan utama kita.

2. Hindari pencetus keinginan merokok

Kenalilah apa yang menyebabkan mulut terasa gatal untuk bersentuhan dengan rokok. Apakah saat berkumpul dengan teman di klub, saat menyesap secangkir kopi, atau justru saat menyetir sendiri, atau saat sehabis makan? Ketahui dan hindarilah hal tersebut.
3. Berolahraga

Beberapa Studi mengatakan bahwa dengan berolahraga, kita lebih mudah terbebas dari rokok. Keinginan untuk bersentuhan dengan nikotin menjadi jauh berkurang. Meskipun realitas banyak juga olahragawan yang juga perokok, itu dikarenakan memang tidak adanya keinginan berhenti merokok.

4. Kunyahlah permen karet


Dengan mengunyah permen karet, kita tidak akan terpikir untuk menyentuh makanan. Tapi untuk tetap menjaga kesehatan gigi, konsumsilah permen karet bebas gula atau yang mengandung xylitol. Gigi bersih terawat, tubuh pun tak akan melar.

5. Siapkan camilan sehat

Siapkan selalu camilan sehat agar saat rasa lapar tiba, kita tak tergoda untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori apapun yang berada di sekitar. Sediakan buah-buahan dan sayuran untuk mencegah orkestra perut berbunyi.
6. Substitusikan dengan kebiasaan sehat

Ketika keinginan merokok datang, lakukanlah hal lain yang bagus untuk tubuh. Cobalah minum segelas air, lakukan 20 kali gerakan push up, cuci tangan, atau justru konsumsi sayuran. Keinginan merokok pun akan berangsur-angsur terlupakan.

7. Pasang Poster : HARAM MEROKOK, BAHAYA ROKOK, dll.

Pasang poster yang berisikan tentang bahaya rokok. Digambarkan tentang bagaimana akibat perokok. Atau juga poster tentang haram merokok. Poster yang mengingatkan kita akan hukumnya merokok. Para Ulama' telah sepakat bahwa hukum rokok, pendapat paling ringan menyatakan hukumnya Makruh. Hukum Makruh berarti sesuatu yang dibenci oleh Allah, sebaiknya ditinggalkan. Apakah kita ingin termasuk orang yang dibenci oleh Allah SWT, tentu saja Tidak. Betapa lancangnya kita. Bahkan sebagian Ulama' yang lainnya menghukumi rokok dalam kategori HARAM, Terlarang. Wajib ditinggalkan. Artinya DOSA.

-------



Komentar

Postingan Populer