Beasiswa LPDP : Beasiswa Pemerintah untuk Magister dan Doktor, serta Pendanaan Riset, dalam Maupun Luar Negeri

Beasiswa LPDP: Beasiswa Pemerintah untuk Magister dan Doktor, serta Pendanaan Riset, dalam Maupun Luar Negeri

Beasiswa LPDP

Apa itu Beasiswa LPDP?

LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, sebuah Badan Layanan Umum (BLU) yang berada di bawah Kementrian Keuangan untuk mengelola Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). Lembaga ini berdiri pada tanggal 30 Januari 2012 berdasar Keputusan Menteri Keuangan No. 18/KMK.05/2012.
DPPN merupakan penyisihan anggaran pendidikan setiap tahun yang diinvestasikan. Dana ini digalang sejak 2010 lalu atas inisiatif Menteri Keuangan yang dijabat oleh Sri Mulyani Indrawati. Saat ini total DPPN mencapai Rp 16 triliun, sebuah angka fantastis menunjukkan keseriusan pemerintah untuk menyekolahkan anak-anak bangsa. Alokasi dana LPDP meliputi 3 hal: Program beasiswa, program pendanaan riset, dan program dana cadangan pendidikan seperti renovasi fasilitas pendidikan yang rusak karena bencana alam, dll.

Jenis Beasiswa yang Disediakan?

Ada 3 jenis beasiswa LPDP yang disediakan:
1. Beasiswa Pendidikan Magister & Doktor (untuk dalam maupun luar negeri)
2. Beasiswa Tesis & Disertasi (untuk studi di dalam maupun luar negeri)
3. Beasiswa Afirmasi: yakni program beasiswa yang ditujukan kepada kelompok masyarakat yang mempunyai prestasi akademik jenjang Sarjana/ Magister yang berasal dari daerah perbatasan dan daerah tertinggal; dan kelompok masyarakat yang telah berjasa membawa nama Bangsa Indonesia dalam bidang Olimpiade Sains dan Teknologi, olah raga dan seni/ budaya di tingkat Nasional/ Internasional

4. Selain itu, LPDP juga menyediakan pendanaan untuk Riset 

KEISTIMEWAAN BEASISWA LPDP

- Beasiswa ini dapat di-apply siapa saja: tidak harus PNS, tidak harus dosen, tidak harus punya pengalaman kerja, bahkan termasuk kamu yang masih menganggur belum bekerja. (*mulai akhir tahun 2013, Pelamar dengan status “Dosen Tetap” PTN/PTS dan telah memiliki NIDN disarankan melamar Beasiswa DIKTI, Bukan LPDP. Pelamar dengan status tersebut apabila lolos seleksi LPDP hanya akan direkomendasikan namanya ke DIKTI tetapi pihak LPDP tidak memiliki wewenang memberikan beasiswa).
- Beasiswa inipun dapat di-apply dari mana saja: dapat dari Indonesia maupun kamu yang mungkin saat ini masih tinggal di luar negeri. Beasiswa inipun dapat di-apply Kapan Saja: sepanjang tahun, jika kamu lolos administrasi maka akan diproses di seleksi wawancara terdekat; jika kamu belum berhasil kamu masih bisa mencoba lagi, mencoba lagi, mencoba lagi kapan saja sambil memperbaiki kekurangan kamu.
- Beasiswa ini membayar berapapun besar SPP sekolah kamu! Bahkan beasiswa ini telah membuktikan diri membayarkan biaya SPP seorang penerima beasiswa yang memilih bersekolah di Naval Academy USA yang mewajibkan pembayaran SPP 100% dibayar di muka hingga lebih dari Rp 3 milyar
- Beasiswa ini menjamin pembayaran SPP (langsung di bayar ke university) dan pengiriman Living AlowanceTEPAT WAKTU (langsung ke rekening student) dengan besar sesuai dengan apapun kondisi standar hidup di negara bersangkutan!
- Beasiswa ini menyediakan Program Pembekalan Nasionalisme & Kepemimpinan sebelum penerima beasiswa melaksanakan studinya dengan melibatkan tokoh-tokoh nasional dan bekerja-sama dengan TNI, bahkan untuk angkatan I & II ini penerima beasiswa akan melakukan program pembekalan di atas kapal perang TNI AL!!
- Beasiswa LPDP ini khusus berasal dari Dana Abadi Pendidikan, bagian dari dana 20% alokasi pendidikan RAPBN negara kita yang disisihkan dan diinvestasikan. Hasil investasi inilah yang secara flexibel siap dimanfaatkan untuk beasiswa & penelitian di Indonesia, dengan Dana Pokok Investasi yang senantiasa bertambah setiap tahunnya. Saya katakan flexibel karena dana pendidikan ini 100% dikelola LPDP, dan terbebas dari dinamika politik & birokrasi yang seringkali membuat beasiswa terhenti atau terlambat diterima penerima beasiswa.
- Bagi saya beasiswa LPDP ini istimewa, mirip & berpotensi menyamai beasiswa Australia Leadership Award (ALA) yang pernah saya terima untuk S3 saya, sebuah beasiswa prestius dari pemerintah Australia khusus untuk calon-calon pemimpin Asia Pasifik 5-10 tahun ke depan, atau beasiswa Fulbright Amerika. Beasiswa LPDP inipun menaruh perhatian lebih pada anak-anak bangsa di seluruh pelosok Indonesia yang memiliki potensi-potensi kepemimpinan dan tekad membawa perubahan bagi daerah dan Indonesia ke depan.
- Tidak Ada Batasan Jumlah (Quota) Penerima Beasiswa. Menariknya, beasiswa LPDP ini tidak mengenal Kuota alias Tidak Ada Persaingan antar Peserta! Bisa dikatakan setiap peserta hanya bersaing dengan dirinya sendiri, hanya memastikan apakah ia benar-benar telah memenuhi kualifikasi yang dicari ama LPDP. Jika ya maka pasti dapet, nggak perduli berapapun jumlah pelamar jika cocok semua ya dikasih semua. Untuk beasiswa Master & Doktor, berapapun biaya SPP Studinya jika memang cocok sesuai kualifikasi LPDP ya pasti diterima dan dibayarin semuanya!

SYARAT PELAMAR BEASISWA LPDP

I. Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Lulusan program studi dari perguruan tinggi di dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau perguruan tinggi di luar negeri yang berkategori baik sesuai daftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
  3. Mempunyai jiwa kepemimpinan;
  4. Aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan;
  5. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat tindakan melanggar hukum;
  6. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat dalam tindak pelanggaran kode etik akademik;
  7. Menandatangani Surat Pernyataan mengabdi pada kepentingan bangsa Indonesia;
  8. Menandatangani Surat Pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain;
  9. Mendapatkan Surat Tugas Belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja;
  10. Mendapatkan Surat Keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja; (boleh siapa saja, termasuk Pak Lurah, dll)
  11. Memilih program studi dan/atau perguruan tinggi yang disetujui oleh LPDP;
  12. Mengupload Essay dengan tema: (1) Peranku bagi Indonesia (2) Sukses terbesar dalam hidupku
  13. Rencana Studi untuk program Magister
  14. Proposal Penelitian untuk program Doktor

II. Persyaratan Khusus

1. Usia maksimum bagi pelamar beasiswa pada saat penutupan pendaftaran adalah:
  • 35 (tiga puluh lima) tahun untuk program Magister, 37 tahun untuk Beasiswa Tesis.
  • 40 (empat puluh) tahun untuk program Doktor, 44 tahun untuk Beasiswa Disertasi.
2. Telah menyelesaikan dan memperoleh gelar akademik:
  • Sarjana/DIV untuk pelamar program Magister dengan IPK 3,00 pada skala 4
  • Magister untuk pelamar program Doktor dengan IPK 3,25 pada skala 4
3. Kemampuan penguasaan bahasa Inggris:
  • TOEFL ITP 500 untuk studi pada program Magister/Doktor di perguruan tinggi dalam negeri;
  • TOEFL ITP 550 untuk studi pada program Magister/Doktor di perguruan tinggi luar negeriatau memiliki letter of acceptance (LOA) dari Perguruan Tinggi Luar Negeri;
  • untuk pelamar yang memilih program studi Magister atau Doktor luar negeri yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar akademiknya, dapat menyesuaikan dengan persyaratan kemampuan berbahasa asing yang berlaku di perguruan tinggi tersebut.
4. Lama Masa Studi Program Pilihan:
  • maksimal 2 (dua) tahun untuk program Magister
  • maksimal 4 (empat) tahun untuk program Doktor

Persyaratan Penerima Beasiswa Tesis/Disertasi

  1. Mahasiswa program magister/doktor yang sudah menyelesaikan seluruh mata kuliah;
  2. Judul penelitian dan bidang kajian yaitu teknik, sains, pertanian, akuntansi dan ekonomi, hukum dan agama;
  3. Pelamar harus mengupload dokumen-dokumen dan mengisi formulir pendaftaran sebagai berikut:a. Transkrip nilai akhir seluruh mata kuliah;b. Proposal tesis dan/atau disertasi yang sudah disetujui oleh pembimbing atau promotor;c. Surat Keterangan Lulus Seminar Proposal;d. Surat Pernyataan tidak sedang dan tidak akan menerima bantuan beasiswa tesis dan disertasi dari sumber lain baik dalam negeri maupun luar negeri;e. Rencana Anggaran Belanja sesuai dengan satuan biaya yang berlaku; f. Essay maksimal 3 halaman (A4) tentang peranan penerima beasiswa dalam upayanya:
  • meningkatkan daya saing/nilai tambah produk dan/atau jasa nasional, dan/atau;
  • menyelesaikan permasalahn masyarakat dan bangsa, dan/atau
  • memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya.

INFO SELENGKAPNYA DAN PENDAFTARAN BEASISWA LPDP DAPAT DIAKSES DI LPDP.DEPKEU.GO.ID - 


(*mulai akhir tahun 2013, Pelamar dengan status “Dosen Tetap” PTN/PTS dan telah memiliki NIDN disarankan melamar Beasiswa DIKTI, Bukan LPDP. Pelamar dengan status tersebut apabila lolos seleksi LPDP hanya akan direkomendasikan namanya ke DIKTI tetapi pihak LPDP tidak memiliki wewenang memberikan beasiswa).






Disarikan dari: Motivasibeasiswa.Org, Tulisan Tony D Susanto, Ph.D

Link: http://motivasibeasiswa.org/2013/06/18/beasiswa-lpdp-beasiswa-calon-calon-pemimpin-bangsa-info-tips-seorang-reviewer/
Sumber :
http://www.rmi-nu.or.id/2014/04/beasiswa-lpdp.beasiswa-untuk.magister.doktor.riset.dalam.maupun.luar.negeri.html

Komentar

Postingan Populer