Inspirasi dari RA Kartini ... | Oleh Dedhi Suharto


Inspirasi dari RA Kartini...
Oleh : Dedhi Suharto
 
Apa sih yang menginspirasimu dari RA Kartini, tweeps?
1. Selamat belajar dari RA Kartini, perempuan Indonesia. Selamat belajar kepada tokoh yang inspiratif.

2. RA Kartini memiliki semangat untuk maju. Ia perhatian terhadap pendidikan terutama untuk kaumnya. Baginya pendidikan kunci kemajuan.

3. Takdir membuatnya berhubungan dengan orang2 Belanda. Tapi Islam yang dipeluknya menuntun RA Kartini menemukan kebenaran.

4. "Habis gelap terbitlah terang", demikian frasa RA Kartini yg sangat populer. Sebuah frasa yang ternyata diambil dari Al Qur'an.

5. Frasa "habis gelap terbitlah terang" adalah padanan frasa dalam ayat Al Qur'an "minazhzhulumati ilannuur" (dari kegelapan menuju cahaya).

6. Itu menunjukkan RA Kartini akrab dengan Al Qur'an. Ia berinteraksi dengan Al Qur'an karena jiwanya selaras dgn Al Qur'an.

7. Dari sisi inilah mestinya kita belajar dari RA Kartini. Yaitu mau berinteraksi dengan Al Qur'an, terutama saat Ramadhan nanti.

8. Inspirasi lain yang bisa kita dapatkan dari RA Kartini adalah kemampuannya menuangkan ide2 dalam tulisan. Ini ciri orang modern.

9. Menulis adalah membuat jejak sejarah. Karena tulisan2nya itulah RA Kartini menjadi bagian sejarah bangsa Indonesia.

10. Inspirasi lain yang bisa kita teladani dari RA Kartini adalah semangatnya berdialog dengan semua pihak yang dikenalnya.

11. Itu tidak bisa dilakukan kecuali orang yang percaya diri. RA Kartini telah tercerahkan oleh Al Qur'an dan itu membuatnya pede.

12. Mestinya muslimah/perempuan Indonesia meneladani kepedean RA Kartini untuk terlibat dalam seluruh sisi kehidupan bangsa.

13. Demikianlah yang telah dilakukan RA Kartini di masa lalu. Semoga menginspirasi para Kartini muda di masa kini.

14. Semoga muncul para Kartini muda yang beriman, beramal shalih, yang akrab dgn petunjuk Al Qur'an, dan percaya diri dalam melangkah. End.


Sumber :
http://www.pkssumut.or.id/2014/04/inspirasi-dari-ra-kartini-by.html

Komentar

Postingan Populer