Sikap hidup menentukan kebahagiaan atau kesengsaraan seseorang | Oleh : Cahyadi Takariawan

 Banyak orang membayangkan, hidupnya akan lebih bahagia apabila memiliki uang lebih banyak dari yang dimilikinya sekarang, atau mencapai pangkat yang lebih tinggi dari sekarang.

Mereka telah memiliki sejumlah gambaran, akan digunakan untuk apa saja uang tersebut apabila suatu saat memilikinya. Rumah yang mewah, mobil yang bagus, sawah dan kebun yang luas, villa di pegunungan, kolam renang yang indah, investasi di sejumlah perusahaan, dan lain sebagainya. Semua gambaran itu tampak indah bagi yang belum memilikinya.

Namun ketika kondisi yang diharapkan itu benar-benar terjadi, ternyata tidak selalu menambah kebahagiaan. Tidak jarang orang justru jatuh ke dalam kesengsaraan setelah hartanya bertambah banyak dan pangkatnya semakin memuncak. Bukan kebahagiaan yang didapatkan, namun justru aneka masalah dan kepedihan mendera kehidupan mereka. Pada titik itu, mereka mengatakan, ternyata lebih bahagia saat kita berada dalam kondisi sebelum ini, saat masih sederhana.

Data di berbagai instansi pemerintahan menunjukkan, tingkat perselingkuhan dan perceraian bertambah banyak setelah para pegawai di instansi itu mendapatkan kenaikan gaji karena program sertifikasi atau renumerasi. Ketika gaji bertambah banyak, muncullah semakin banyak keinginan, yang bertemu dengan godaan. Semakin mudah bagi mereka untuk memiliki Pria Idaman Lain (PIL) maupun Wanita Idaman Lain (WIL), karena ditunjang dengan fasilitas.

Ternyata, pertambahan gaji dalam jumlah yang signifikan, tidak selalu sebanding dengan tingkat kebahagiaan yang didapatkan. Ini bukan hanya pada contoh pegawai negeri atau pegawai kantoran, namun bisa terjadi pada semua bidang kehidupan. Seorang yang berbisnis dari kecil, lalu dengan segala jerih payah akhirnya bisnis membesar dan berkembang dengan pesat, tidak selalu memberikan hasil pertambahan kebahagiaan yang sepadan.

Sikap hidup masing-masing orang yang akan sangat menentukan didapatkannya kebahagiaan atau kesengsaraan.


Sumber :  
https://www.facebook.com/cahyadi.takariawan?fref=ts

Komentar

Postingan Populer