Tips Tahapan Menghafal Al-Qur'an : Tilawah Al-Qur'an 1 Jam 1 Juz

Membaca Al-Quran 1 jam 1 juz
   
Muntadaquran.net - Diantaranya tips/tahapan dalam menghafal Al-Quran adalah memperbaiki tilawah terlebih dahulu. Mari perbaiki kualitas tilawah Al-Quran kita setelah itu baru kita mulai menghafal. Jangan bebani diri kita dan orang lain untuk menghafal Al-Quran bila tilawah Al-Quran kita masih jauh dari ideal. bagi yang belum baik tilawahnya sisihkan waktu terbaik untuk belajar tahsin Al-Quran, bagi yang sudah baik silahkan mulai menghafal dengan didamping seorang guru yang berkompeten. Tahsinuttilawah muqaddamun ‘alal hifzhi, memperbaiki tilawah harus didahulukan dari pada menghafal.

Lalu, bila kita amati, mushaf Al-Quran terdiri dari 300 lembar atau 600 halaman lebih seikit, berarti rata-rata 1 juz itu hanya 10 lembar atau 20 halaman.

Bagi kita yang sudah lancar membaca Al-Quran, untuk menyelesaikan 1 juz hanya dibutuhkan 1 jam. Artinya bila kita sangat sibuk, bisa dibagi dalam 4 tahapan, 15 menit untuk 5 halaman, atau kalau mengacu kepada shalat lima waktu, kita bisa membaginya menjadi 5 bagian, yaitu sebelum dan setelah shalat fardhu tersebut masing-masing 4 halaman atau 2 lembar, jadi setelah shalat isya kita sudah dapat menyelesaikan 20 halaman atau 1 juz penuh. Makanya dengan banyak membaca sebelum kita menghafal, kemudahan dan kemudahan dalam menghafal akan dapat kita rasakan. Nah, mudahkan caranya, silahkan mencoba, semoga kita bisa istiqamah.

Ini rumusnya : 1 juz = 10 lembar = 20 halaman

1 lbr = 2 hal sebelum subuh + 1 lbr = 2 hal sesudah subuh

1 lbr = 2 hal sebelum zhuhur + 1 lbr = 2 hal sesudah zhuhur

1 lbr = 2 hal sebelum asar + 1 lbr = 2 hal sesudah asar

1 lbr = 2 hal sebelum maghrib + 1 lbr = 2 hal sesudah maghrib

1 lbr = 2 hal sebelum isya + 1 lbr = 2 hal sesudah isya

(www.taufikhamim.com)

Komentar

Postingan Populer