Jalan Panjang Nahdlatul Ulama (NU)

Jalan Panjang Nahdlatul Ulama (Bagian 1)

Pada awal berdirinya, NU menegaskan diri sebagai organisasi keagamaan.
Logo Resmi Nahdlatul Ulama - (Munas - Konbes 2012)


Sejak berdiri pada 1926, Nahdlatul Ulama (NU) menjadi organisasi masyarakat Islam terbesar di Indonesia. 
Cikal bakal NU adalah sebuah organisasi pergerakan bernama Nahdlatul Wathan yang berdiri pada 1916. Organisasi ini bertujuan menampung pergerakan para santri dalam melawan kolonial.
Organisasi para santri ini pun terus berkembang hingga pada 1918 berdiri Taswirul Afkar atau Nahdlatul Fikri atau Kebangkitan Pemikiran. Dalam perkembangannya, organisasi kebangkitan santri tersebut mendirikan Nahdlatul Tujjar. Tujuannya adalah memajukan perekonomian rakyat kecil.
Suatu kali, ketika paham pembaruan dari Arab Saudi merasuki Muslimin nusantara, kalangan pesantren bergolak. Sebab, paham tersebut menganggap tradisi pesantren seperti ziarah kubur adalah perkara bid'ah.
Paham tersebut diterima kaum Muslim modernis seperti Muhammadiyah dan Serikat Islam, sementara kalangan pesantren tradisionalis menolak mentah-mentah. Paham tersebut dianggap telah membatasi mazhab dan menghancurkan warisan peradaban.
Atas penolakan tersebut, kalangan santri pun dikeluarkan dari anggota Kongres Al-Islam pada 1925 di Yogyakarta. Mereka juga tidak diikutsertakan dalam Kongres Islam Internasional Mu'tamar Alam Islami di Makkah. 
Akhirnya, kalangan pesantren membuat kelompok sendiri bernama Komite Hejaz dengan ketua KH Wahab Hasbullah. Komite ini menyuarakan kebebasan bermazhab.
Dari komite inilah kemudian muncul inisiatif dari para ulama pengasuh pondok pesantren untuk membentuk NU pada 16 Rajab 1344 Hijriah atau 31 Januari 1926 di Surabaya. 
Tokoh-tokoh pendiri NU, di antaranya, KH Hasyim Asy'ari dari Tebuireng, Jombang, yang kemudian menjadi Rais NU pertama, KH Wahab Hasbullah dari Surabaya, KH Bisri Syamsuri dari Denanyar Jombang, KH R Asnawi dari Kudus, KH Ridwan asal Semarang, KH R Hambali dari Kudus, KH Nachrowi dari Malang, KH Ndoro Muntaha asal Madura, serta KH Nawawi dari Pasuruan. 
Organisasi ini dinamakan Nahdlatul Ulama yang bermakna kebangkitan ulama. Secara etimologis, Al-Nahdlah berarti kemampuan, kekuatan, atau terobosan dalam mengupayakan kemajuan masyarakat.
Rozikin Daman dalam Membidik NU mengatakan, kehadiran NU saat itu dipandang sebagai upaya untuk mewadahi, melembagakan, dan mengembangkan langkah, kegiatan serta gerakan para ulama yang telah dilakukan sebelumnya. Para ulama pesantren yang tergabung di NU secara umum memiliki kesamaan pandangan dan tradisi agama berlandaskan Ahlussunnah wal Jamaah. 
Selain itu, pendirian NU sebagai Jam'iyah Diniyah atau organisasi keagamaan, menurut Daman, hadir melengkapi organisasi sosial kebangsaan dan organisasi sosial keagamaan, seperti Boedi Utomo, Serikat Islam, dan Muhammadiyah. (Afriza Hanifa)
Post: ROL
Link: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/14/04/12/n3wj5l-jalan-panjang-nahdlatul-ulama-1

Jalan Panjang Nahdlatul Ulama (Bagian 2)


Logo Resmi Nahdlatul Ulama - (Munas - Konbes 2012)

Khitah Nahdlatul Ulama

Pada awal pembentukan NU, KH Hasyim Asy'ari sebagai Rais Akbar (pemimpin NU yang pertama)merumuskan dua kitab sebagai prinsip dasar organisasi, yakni kitab Qanun Asasi (prinsip dasar) dan kitab I'tiqad Ahlussunnah wal Jamaah. 
Kedua kitab tersebut kemudian diejawantahkan dalam khitah NU, yang dijadikan sebagai dasar dan rujukan warga NU dalam berpikir dan bertindak dalam bidang sosial, keagamaan, dan politik. 
Perubahan jati diri NU sangat terasa sejak NU mulai berkiprah di dunia politik. NU yang sebelumnya merupakan Jam'iyah Diniyah berubah menjadi organisasi politik. Para santri tiba-tiba menjadi aktor politik praktis. 
Pada 1952, untuk pertama kalinya organisasi ini memisahkan diri dari Masyumi dan membentuk partai sendiri. Berhasil, pada pemilu 1955 mereka meraih 45 kursi DPR dan 91 kursi Konstituante. Kemudian pada 1973, NU berfusi dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 
Pada 1984, di ajang Muktamar Situbondo, NU menyatakan kembali ke khitah. Mereka pun meninggalkan politik praktis dan kembali ke jati diri awal pendirian. 
Meski telah kembali ke khitah, warga NU tetap membentuk partai, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pascareformasi 1998. Partai ini berhasil mengantarkan Abdurrahman Wahid (Gusdur) menuju kursi presiden pada 1999.
Kendati demikian, NU mengaku berlepas diri dari partai. Sekalipun terdapat partai maka partai tersebut bukanlah dari organisasi dan bukan pula wakil masyarakat NU atau nahdliyin. “Ada partai yang dibentuk NU, PKB. Tapi, itu bukan sayap NU. Tidak bisa paksa warga NU untuk ke PKB,” ujar Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj. 

Kiprah Nahdlatul Ulama (NU)

Sebagai salah satu organisasi tua di Indonesia, kiprah NU tentu tidaklah sedikit. Selain memperjuangkan kebebasan mazhab seperti dalam sejarah pembentukannya, NU juga menjadi pewaris Wali Songo dalam gerakan pribumisasi Islam. 
NU-lah organisasi yang paling vokal dalam gerakan Islam kultural dan masyarakat madani di Indonesia. Saat berpolitik pun, NU telah mewakili Muslimin ke ranah pemerintahan. Pada era kemerdekaan, NU pun mendukung negara dan simbolismenya seperti Pancasila. 
KH Syafi'i Maarif dalam pengantar buku Membidik NU mengatakan, NU yang diidentifikasi sebagai organisasi sayap tradisional Islam dengan basis masyarakat pesantren dan pedesaan telah memberikan sumbangan pada perkembangan budaya dan peradaban Islam Indonesia. (Afriza Hanifa)


Post: ROL
Link: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/14/04/12/n3wjtn-jalan-panjang-nahdlatul-ulama-2

Jalan Panjang Nahdlatul Ulama (Bagian 3)


Logo Resmi Nahdlatul Ulama

NU memberikan nuansa tersendiri dalam kehidupan masyarakat Islam di Indonesia. Dalam berpolitik, NU pun sering kali menampilkan manuver-manuver politik berbeda.
Meski status organisasi awal hanya bergerak di ranah agama, NU dalam perjalanannya pun berkiprah di bidang pendidikan dan ekonomi. NU pun memiliki beberapa lembaga yang fokus di bidang tertentu. 
Sebut saja, misalnya, Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU), Lembaga Pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama (LP Maarif NU), Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (Asosiasi Pesantren Indonesia), Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU), Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU), Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), dan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU). NU juga memiliki beberapa lajnah untuk menangani masalah-masalah khusus

Nahdlatul Ulama

Nahdlatul Ulama (NU) genap berusia 87 tahun. Suatu rentang perjalanan yang panjang untuk sebuah organisasi kemasyarakatan (ormas). Banyak kiprah dan pencapaian yang telah digapai, namun banyak pula tantangan yang mengadang di depan.
NU adalah ormas Islam terbesar di Indonesia. Organisasi ini didirikan pada 16 Rajab 1344/31 Januari 1926. Ada tiga sesepuh NU yang berperan penting dalam pengembangan awal NU sampai organisasi ini mendapat pengakuan resmi dari Hindia Belanda pada 6 Februari 1930. Tiga sesepuh itu adalah:
- KH Abdul Wahab Hasbullah (1888-1971)
- KH Muhammad Hasyim Asy'ari (1871-1947)
- KH Bisri Syansuri (1886-1980)
Sebagai Rais Akbar (pemimpin NU yang pertama), KH Hasyim Asy'ari merumuskan dua kitab:
- Kitab Qanun Asasi (prinsip dasar).
- Kitab I'tiqad Ahlussunnah Wal Jamaah.
Kedua kitab tersebut kemudian diejawantahkan dalam khittah NU, yang dijadikan sebagai dasar dan rujukan warga NU dalam berpikir dan bertindak dalam bidang sosial, keagamaan, dan politik. (Afriza Hanifa)



Post: ROL
Link: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/14/04/12/n3wk0c-jalan-panjang-nahdlatul-ulama-3
  

Jalan Panjang Nahdlatul Ulama (Bagian 4)


Logo Nahdlatul Ulama

Paham Keagamaan Nahdlatul Ulama

NU menganut paham Ahlussunah Wal Jamaah, sebuah pola pikir yang mengambil jalan tengah antara kaum ekstrem aqli (rasionalis) dan kaum ekstrem naqli (skripturalis). 
Dalam bidang fikih, NU mengikuti empat mazhab: Hanafi, Maliki, Syafi'i, dan Hanbali. Sementara dalam bidang tasawuf, mengembangkan metode al-Ghazali dan Junaid al-Baghdadi, yang mengintegrasikan antara tasawuf dan syariat.

Basis Pendukung Nahdlatul Ulama

Jumlah warga NU diperkirakan mencapai lebih dari 40 juta orang. Mereka berasal dari beragam profesi. Pada umumnya mereka memiliki ikatan cukup kuat dengan dunia pesantren yang merupakan pusat pendidikan rakyat dan cagar budaya NU. 
Sejalan dengan derap pembangunan dan perkembangan industrialisasi, basis massa NU mengalami pergeseran. Jika selama ini, basis NU lebih kuat di sektor pertanian di pedesaan, maka saat ini basis NU juga cukup dominan di sektor perburuhan di perkotaan. Basis intelektual NU juga kian meluas.

Jaringan Nahdlatul Ulama

Hingga akhir tahun 2000, jaringan organisasi NU meliputi:
- 31 Pengurus Wilayah
- 339 Pengurus Cabang
- 12 Pengurus Cabang Istimewa
- 2.630 Majelis Wakil Cabang
- 37.125 Pengurus Ranting

Badan Otonom Nahdlatul Ulama

Badan Otonom adalah perangkat organisasi NU yang berfungsi melaksanakan kebijakan NU yang berkaitan dengan kelompok masyarakat tertentu. Ada dua jenis badan otonom, yakni badan otonom berbasis usia dan kelompok masyarakat tertentu, serta badan otonom berbasis profesi dan kekhususan lainnya.
Badan Otonom berbasis usia dan kelompok masyarakat tertentu: 
- Muslimat NU, untuk anggota perempuan NU. 
- Fatayat NU, untuk anggota perempuan muda NU berusia maksimal 40 tahun.
- Gerakan Pemuda Ansor NU, untuk anggota laki-laki muda NU berusia maksimal 40 tahun.
- Ikatan Pelajar NU (IPNU), untuk pelajar dan santri laki-laki NU berusia maksimal 30 tahun.
- Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU), untuk pelajar dan santri perempuan NU berusia maksimal 30 tahun. (Afriza Hanifa)
Post: ROL
Link: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/14/04/12/n3wk6s-jalan-panjang-nahdlatul-ulama-4
Sumber :
http://www.rmi-nu.or.id/2014/04/jalan-panjang-nahdlatul-ulama-bagian-1.html

Komentar

Postingan Populer