Meyakini adanya Tuhan Meski kita Tidak Pernah Melihatnya | Ini Argumentasinya

 Oleh : Wahid Ahmadi

San: tadz..tuhan itu g bs diindera, bgmn kita bs myakini adnya sbg kebenaran?
Ust: hmm..mulai bermain2 dg filsafat ni ya?
San: afwan tadz..maksud ane..
Ust: lho g papa san, ane suka ente jd pinter, jgn salah..
San: hehe kirain..
Ust: ente mesti trpengaruh pola pikir yg blg bhw kebenaran ilmiah itu standarnya bisa diindera: dilihat, didengar, atau diraba, mk tuhan itu nonsen..
San: itulah tadz..
Ust: ok. Ente yakin g bhw matahari itu ada?
San: ya, krn ane melihatnya tadz..
Ust: ok, trus ente juga yakin jika malam itu ada?
San: ya tadz, krn ane merasakan dingin dan gelapnya..
Ust: trus ente yakin bhw patung liberty itu ada?
San: ya tadz, krn...
Ust: krn org2 berkata bgt?
San: ya juga tadz, jgn2 liberty g ada
Ust: ane blm pernah ke amerika san, tp ane meyakini seyakin2nya liberty itu ada..krn org2 mngatakan bgt..dan itu ilmiah..
San: jd "katanya" itu ilmiah tadz?
Ust: ya, jk yg mngatakan adl org bnyak yg g mgkin berdusta bersama2.. itu jg slh satu standar kebenaran..
San: ooo, ada yg lain tadz?
Ust: jk ente berada di ungaran, mlihat ke arah smrg, langit di atasnya gelap gulita dan semua mobil dr arah sana basah. Lalu dikatakan kpdmu bhw semarang hujan. Ente percaya?
San: ya tadz, krn indikatornya sgt kuat dan sulit dibantah..
Ust: itu jg standar kebenaran, ente meyakini meski tdk mnginderanya..
San: bgt ya tadz..
Ust: ketahuilah san, hal2 yg ente blm liat di dunia ini dan ente yakini adanya adl lebih bnyak drpada yg sdh ente lihat..
San: itu berlaku bg semua org tadz..
Ust: ya..
San: jd standar kebenaran itu?
Ust: logis, tak terbantahkan, dan hatimu tenteram menerimanya..
San: bg semua org tadz?
Ust: ya, bg mereka yg jujur dan berilmu..


Sumber :
https://www.facebook.com/wahid.ahmadi.940?fref=nf

Komentar

Postingan Populer